Penggunaan Bahan Bangunan dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, manusia dituntut untuk menggunakan bahan bangunan yang tepat. Bahan bangunan ini dapat dipilih dan diolah sesuai dengan teknologi yang ada. Bahan bangunan yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan, dimana bahan bangunan tersebut dapat mengurangi emisi dan limbah. Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan tersebut, bertujuan untuk menjaga generasi muda di masa yang akan datang. Penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebaiknya disertai dengan penggunaan teknologi yang efektif dan efisien.
Teknologi tepat guna dirancang bagi masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek - aspek lingkungan, kebudayaan, keetisan, sosial, ekonomi, politik dan budaya masyarakat yang bersangkutan. Berdasarkan tujuan yang diinginkan, teknologi tepat guna harus sesuai dengan penerapan metode yang hemar sumber daya, perawatan mudah, meminimalisir berdampak polutif jika dibandingkan dengan teknologi arus utama yang pada umumnya beremisi limbah dan mencemari lingkungan. Konsep teknologi tepat guna yaitu sebagai berikut : 
  1. Ramah Lingkungan Konsep ramah lingkungan dapat diartikan sebagai teknologi tepat guna yang harus hemat energi, dimana tidak menbutuhkan pemborosan energi dan tidak mencemari lingkungan agar tidak merusak siklus ekologis.
  2. Ekonomis Berdasarkan aspek ekonomis, maka dari segi biaya atau dana harus sesuai dengan masyarakat secara umum, dimana dengan dilakukan suatu pertimbangan. Pertimbangan ini dilakukan untuk menyesuaikan bagi masyarakat yang kurang mampu dan menggunakan bahan lokal yang mudah untuk didapatkan serta tidak membutuhkan biaya yang mahal dalam proses pembuatannya.
  3. Sosial Berdasarkan aspek sosial, maka teknologi tepat guna harus disesuaikan agar manusiawi dan dalam pembangunannya diharapkan dapat menyerap tenaga kerja yang sesuai. Dalam pemilihan bangunan agar tepat, maka harus disesuaikan dengan kearifan lokal yang berada di lokasi pembangunan. Penyesuaian dengan kearifan lokal dilakukan karena bertujuan untuk mengintregrasikan karakter bahan bangunan dengan alam agar dapat dirancang dan digunakan dengan pencahayaan alami, serta efisien untuk keberlanjutan lingkungan.
Itulah seputar informasi yang kami tahu tentng Penggunaan Bahan Bangunan dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Bahan Bangunan dengan Penerapan Teknologi Tepat Guna"

Posting Komentar