Analisa Harga Satuan Pekerjaan

Analisa harga satuan bahan bangunan adalah dasar perhitungan dasar menentukan harga item material persatuan misal contohnya harga Beton per m3, harga besi beton kg, harga bekisting per m2 dan seterusnya semua dibuat ada dasar perhitungannya.
Darimana dasar perhitungan Analisa Harga Satuan ?
Dasar perhitungan analisa harga satuan adalah berdasarkan dari hasil penelitian dan pengalaman. Namun untuk menyeragamkan perhitungan seindonesia dan memudahkan pekerja konstruksi maka pemerintah membuat koefisien analisa harga satuan SNI biasanya yang mengeluarkan Mentri pekerjaan Umum contohnya seperti ini.
 Jadi jika dilihat dari analisa harga satuan diatas untuk biaya pekerjaan 1 m3 Beton Site Mix dengan mutu K-300 membutuhkan biaya Rp. 802.873,41 sudah termasuk Bahan material dan Upah kerja, belum termasuk Keuntungan dan PPN yah?

Bagaimana jika item pekerjaan tidak ada dalam analisa SNI ? karena mengingat perkembangan dunia konstruksi begitu cepat sehingga banyak material pengganti dan material hasil inovasi, seperti misal pekerjaan dinding precast, nah inilah fungsinya seorang enginering, maka kita boleh membuat koefisien analisa harga satuan sendiri dengan membuat sebuah penelitian dilapangan sehingga dapat diterima oleh semua pihak.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, Terimakasih, Wassalam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisa Harga Satuan Pekerjaan"

Posting Komentar