Pekerjaan Instalasi Air Bersih Rumah Tinggal

Instalasi air bersih bangunan adalah pekerjaan pemipaan dalam bangunan yang digunakan untuk pendistribusian Air bersih agar efektif dan menjadi bangunan layak huni.
Dalam pelaksanaannnya di lapangan Instalasi air bersih sebenarnya terhubung dengan beberapa pekerjaan diantaranya :

  • Pekerjaan Penyambungan Air (biasanay ada 2 sumber untuk suplay air bersih diperkotaan bisa dari Sumber PDAM atau dari Sumur Bor, bisa juga menggunakan keduanya)
  • Pekerjaan Pompa Air, dalam pekerjaan Gedung Terdiri dari beberapa pompa untuk Air bersih maka dari itu dalam gedung diadakan ruang pompa khusus, adapaun Pompa air bersih biasanya dalam pekerjaan gedung ialah : Pompa hallowell (Jika memakasi sumur Bor), Pompa WTP, Pompa Transfer & Pompa Booster. Pompa dalam bangunan sederhana seperti rumah biasanya hanya menggunakan Pompa Transfer dan Pompa Booster saja.
  • Pekerjaan tandon air, Penampungan air toren diatas elevasi keran air adalah penting, apalagi tidak menggunakan Pompa booster, beberapa fungsi/keuntungan menggunakan penampungan air diantaranya : Mengendapkan kotoran yang terbawa baik itu dari PDM maupun dari sumur Bor, Menyimpan air ketika listrik mati, memeberi tekanan gravitasi pada pendistribusian air bersih.
  • Kesesuian Titik Kran terhadap tipe Sanitary, jadi hati-hatilah dalam menentukan titik kran Air, harus sesuai dengan tipe sanitary seperti closed duduk, Wastafle, Shower dll.
Instalasi Pipa
Ada beberapa prinsip dasar dalam merancang sistem Instalasi Pipa untuk menambah tekanan air yang keluar diantaranya, penggunaan pipa dari mulai dimensi besar sampai dmensi terkecil (Pipa Keran menggunakan pipa 1/2 Inch), Instalasi dari Atas Plafon turun ke bawah melewati dinding.
Diagram System Air bersih

 Urutan pekerjaan Instalasi Air Bersih, jangan lupa juga untuk diikutin karena pekerjaan air bersih ini walau nilainya tidak terlalu besar dibanding Arsitektur, tapi jika ada kegagalan Instalasi semisal Bocor efeknya bisa sangat besar. Efek bocor ini terjadi akibat kegagalan instalasi uyang tidak dilakukan test Tekan sebelum pekerjaan finishing dinding Plester Ataupun pemasangan plafon.
flowchart Pekerjaan Instalasi Air Bersih
Bahan yang digunakan untuk pekerjaan Instalasi Air Bersih Biasanya Pipa PVC, PPR dan HDPE
Pipa PVC

Pipa PPR

Pipa HDPE
Saran kami serahkan pekerjaan instalasi kepada pekerjan yang sudah berpengalaman, pada spesialis ledeng lebih bagus, lebih terjamin dan aman.
Sekian Artikel tentang Instalasi Air bersih semoga memberi pengetahuan dan bermanfaat bagi penulis juga bagi para pembaca,  Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pekerjaan Instalasi Air Bersih Rumah Tinggal"

Posting Komentar