Teknik Pekerjaan Pasangan Bata Ringan

Assalamualaikum,
Kembali lagi dengan blog Kuli Bangunan, artikel-artikelnya yang mendasar, dan bahasa yang seadanya.
Pekerjaan pasangan bata sebenarnya ada beberapa macam, diantaranya :
1. Pasangan Bata Merah
2. Pasangan Batako
3. Pasangan Bata Ringan, ini yang akan kita ulas.
Berdasarkan pengalaman nguli saya waktu di lapangan, ada 2 jenis ukuran tebal bata ringan yang sering digunakan ada bata ringan yang tebalnya 7,5 cm, dan ada ada yang ketebalan 10 cm.
Berbicara soal ketebalan bata ringan, mungkin saya juga perlu memberi tahu berapa ukuran bata ringan, berikut ukuran bata ringan :

Di atas adalah rincian ukuran bata ringan, terdapat beberapa ketebalan bata ringan dari yang ketebalan 7,5 cm sampai dengan ketebalan 20 cm. Melihat dair macam-macam ketebalan maka jumlah /m3 nya pun pasti berbeda-beda, untuk bata ringan dengan ketebalan 7,5 cm memiliki jumlah 111 buah / m3, sedangkan bata dengan ketebalan 10 cm memliki jumlah 55/m3 dan seterusnya.

Okay pengenalan ukuran bata ringannya cukup yah, selanjutnya saya ingin mengulas pemasangan Bata ringan atau orang juga sering menyebutnya bata Hebel, Teknik Pemasangan bata ringan yang betul adalah sebagai berikut :

1. Bahan yang digunakan = Bata Ringan, Perekat Bata Ringan MU (Mortar Utama khusus perekat), karena saya sering menyaksikan pemasangan bata ringan dengan semen hitam, ini menjadi selain akan  menimbulkan biaya yang mahal, akibat kerja lama dan harga semen hitam lebih mahal juga mengurangi kekuatan, karena kurang menempel.

2. Teknik Pemasangan = Tentu saja pemasangan bata ringan yang betul adalah pemasangan yang lurus, ujung bata yang bawah ketemu tengahnya yang atas, jangan lupa ketebalan bata perekat bata ringan dengan MU (Mortar Utama) dengan ketebalan perekat +/- 3 mm, seperti bisa di lihat gambar dibawah ini.
Ilustrasi pemasangan Bata Ringan
Jangan lupa juga setelah pemasangan bata di pelester, rekomedasi dari kami, gunakanlah semen pelester khusus MU dan Acian dengan khusus MU pula.

Mungkin Cukup sekian dulu, bingung mau nulis apa lagi,,,,



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Pekerjaan Pasangan Bata Ringan"

Posting Komentar