Rencana Anggaran Biaya









Contoh Analysa Harga
Rencana Anggaran Biaya Konstruksi atau RAB adalah sebuah perkiraan perhitungan baik bersifat sementara atau Mengikat tergantung pada perjanjiannya. RAB sering dibuat untu memperkirakan biaya pembangunan Rumah, Gedung maupun Infrastruktur sebagai dasar penentuan Angka nilai kontrak suatu proyek.
Pembuatan Perhitungan RAB
Penyusun atau pembuatan Rencana Anggaran Biaya biasa disebut Estimator atau Quantity Surveyor, profesi ini bukanlah pekerjaan yang siapa saja bisa mengerjakan, artinya seorang Estimator harus memiliki keahlian khusus yang berpengalaman dalam pelaksanaan serta penyusunan, Karena item pekerjaan RAB sangatlah banyak Mulai dari pekerjaan Struktur Bawah, Struktur Atas, Arsitektur, Mekanikal Elktrikal Dan Plumbing. Biasanya Estimator seorang lulusan serjana Teknik Sipil atau Arsitektur.
Item yang termasuk dalam pekerjaan RAB
Item perhitungan nilai RAB didasarkan pada Gambar pekerjaan, spesifikasi material serta lokasi pekerjaan kjarena 3 hal ini akan mempengaruhi harga. biasanya dituangkan dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat-syarat), adapun item yang termasuk dalam pekerjaan RAB antara lain :
  1. Perhitungan Volume atau sering disebut Calcuation Sheet
  2. Analysa Harga Standar Nasional Indonesia (SNI)
  3. Point 1 & 2 digabungkan menjadi Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Beda RAP dan RAB
RAP adalah Rencana Anggaran pelaksanaan sedang RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, dari singkatannya jelas mudah dibedakan penjelasan sederhananya RAP sudah dikurangi keuntungan pemborong atau kontraktor.
Sekian dulu artikel pertama saya semoga bermanfaat dan terimakasih.
#kusen Aluminium
#Atap Baja Ringan
#Instalasi Air Bersih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rencana Anggaran Biaya"

Posting Komentar