Teknik Membangun Rumah yang Benar

Assalamualaikum,,?
Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang proses membangun Konstruksi. Berdasarkan dari penglaman pribadi selama menjadi kuli di proyek-proyek :).
Oh yah karena judulnya "Teknik Membangun Rumah yang benar" jadi kita fokus saja di tekniknya biar tidak ngelantur. Adapun Teknik membangun Rumah yang benar kami bagi menjadi 2 diantaranya adalah :
1. Perencanaan
2. Pelaksanaan

1. Perencanaan
Perencanaan dibuat berdasarkan data yang ada, dimulai dari data Tanah, semisal luas tanah, kebutuhan ruangan,  Lokasi bangunan yang nanti akan mempengaruhi terhadap perijinan mendirikan bangunan (IMB). Dari data tersebut dibuatlah sebuah perencanaan Desain yang yang dikerjakan oleh orang khusus yang dinamakan Arsitektur, dan dilanjutkan dengan membuat Rencana Anggaran Baya sehingga menjadi sebuah Desain yang idealis terhadap keinginan dan kebutuhan sicalon penghuni.

2. Pelaksanaan
Membangun Rumah tergolong sangat mudah sekali jika dibanding dengan membangun sebuah Gedung bertingkat, namun jangan salah karena banyak sekali orang yang mengabaykan cara yang benar dalam Membangun Rumah, sehingga hasil dari bangunan nya tidak sesuai harapan sehingga biaya yang dikeluarkan akan membengkak. Tidak menjadi jaminan juga pembangunan dengan menggunakan Jasa kontraktor sekalipunhasil bangunan tersebut akan baik.
Jadi bagaimana cara membangun Rumah agar sesuai dengan Desain & Harapan Kita ?
Berikut ini adalah tips membangun Rumah sendiri agar sesuai dengan Desain dan Budget :
1. Anggap saja Anda sebagai Konsultan Pengawas
2. Pelajari desain Gambar, mulai dari mutu /spesifikasi sampai ke ukuran
3. Cek Setiap material yang datang, (Cek Kualitas, dan cek volume nya)
4. Dalam pelaksanaan perhatikan methode Kerja nya
    a. Methode pekerjaan Struktur, usahakan pekerjaan struktur selesaikan terlebih dahulu, seperti methode pekerjaan Gedung, semisal pekerjaan (Pondasi, Kolom dan Balok) Ini untuk mempercepat pelaksanaan pekerjaan. Serta pekerja akan fokus sehingga bekerja akan cepat.
     b. Methode Pekerjaan Arsitektur / Finishing, pekerjaan finishing yang menentukan penampilan suatu bangunan terlepas dari bangunan itu kokoh atau tidak. Dalam pengawasan pekerjaan finishing kita harus lebih jeli karena item pekerjaan finishing sangat banyak. Dan biasanya saya selalu mengetes semua pekerjaan finishing mulai dari kelurusan dinding / Lot, kesikuan Sudutan, sampai kerpihan pekerjaan kramik, semua saya tes. Walau terkadang material Bangunan juga berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Dll.

Sekian tips sederhana yang bisa kami share semoga bermanfaat, Wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Membangun Rumah yang Benar"

Posting Komentar