Mengenal Kontraktor, Developer dan Konsultan Perencana

Bagi sebagian orang istilah Kontraktor Developer dan Perencana ini tidak asing lagi, namun buat orang yang baru akan mengeluti dunia Konstruksi Istilah ini akan menjadi pertanyaan kecil dalam fikirannya dan akan berusaha mencari arti istilah-istilah tersebut.

Berikut dibawah ini penulis akan mengulas pengertian dari istilah-istilah diatas dari sebatas  yang penulis Tahu.

Kontraktor


Menurut Wikipedia.Org Kontraktor adalah sinonim dengan kata Pemborong, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak” artinya surat perjanjian atau kesepakatan kontrak bisa juga berarti sewa, jadi kontraktor bisa disamakan dengan orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak atau di sewa untuk menjalankan proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak yang dimenangkannya dari pihak pemilik proyek.
Sederhananya Kontraktor menurut kami adalah Pelaksana sebuah project Konstruksi

Developer Perumahan

Developer Adalah sebuah bisnis yang Kompleks, banyak sekali bidang bidang yang berkaitan dengan bisnisnya tersebut mulai dari Perizinan, Pembebasan lahan, pembangunan, penjualan, Perbankan dll.
Adapun istilah yang sering kita dengar Developer adalah sebagai Owner/ Pemilik suatu Project Konstruksi yang membawai Konsultan Perencana dan Kontraktor Pelaksana. 
Contoh Developer besar di Indonesia adalah :
  1. PT Lippo Karawaci Tbk.
  2. PT Bumi Serpong Damai Tbk.
  3. PT Ciputra Development Tbk.
  4. PT Agung Podomoro Land Tbk.
  5. dll.

Konsultan Perencana 

Konsultan Perencana adalah pihak yang ditunjuk oleh pemberi tugas atau klien untuk melaksanakan pekerjaan proyek perencanaan dalam hal ini bangunan. Konsultan perencana dapat berupa perorangan atau badan usaha baik swasta maupun pemerintah.

Keberadaan konsultan perencana amatlah penting dalam perencanaan sebuah proyek konstruksi.

Apa saja jenis-jenis Konsultan Perencana ?

  1. Konsultan arsitektur
  2. Konsultan struktur
  3. Konsultan Mekanikal Elektrikal/MEP
  4. Konsultan QS ( Estimasi biaya/estimator)
Mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini semoga dapat bermanffat, jika ada kekurangan mohon dikoreksi. thanks


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Kontraktor, Developer dan Konsultan Perencana"

  1. The mortgage calculator is identified as being Canadian, and by default, it will calculate a Canadian mortgage, however it also has got the ability to calculate US mortgages. mortgage payment calculator canada For me, the best satisfaction is helping people and building a positive impact on their life. mortgage calculator canada

    BalasHapus